MAKALE-Selain Kesiapsiagaan dan Penanganan Covid-19 serta Jaring Pengaman Sosial (JPS), Salah satu dari tiga program utama Satgas Covid-19 Tana Toraja adalah Penguatan Lembaga Ekonomi Kerakyatan.

Penguatan lembaga ekonomi kerakyatan ini adalah kegiatan Satgas Covid-19 Tana Toraja yang bertujuan menjaga agar kegiatan ekonomi tetap hidup ditengah Pandemi wabah Corona dengan adanya pembatasan aktivitas masyarakat.

Salah satu kegiatan Penguatan lembaga ekonomi kerakyatan yang saat ini berjalan adalah Satgas menggandeng kios-kios kecil di seluruh wilayah Kabupaten Tana Toraja untuk penjualan kebutuhan pokok demi menjaga ketersediaan pangan dan stabilitas harga.

Selain itu, Satgas melalui Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja membuat program membantu pemasaran bagi petani yang merasa kesulitan dalam memasarkan hasil produksi pertaniannya.

Berbagai jenis sayuran dan buah dari petani dibeli oleh Dinas Pertanian lalu didistribusikan ke kampung – kampung untuk dijual kembali di kios – kios yang ada di kampung – kampung.

Kepala Dinas Pertanian Kab. Tana Toraja Salvius Pasang mengatakan sayuran dan buah dari petani dibeli dengan harga sesuai pasar (harga berlaku) dan disalurkan ke kios – kios pengecer di luar pasar yang ada di Kecamatan dengan pembagian keuntungan setiap kios pengecer menerima 15% dari omset penjualan.

“Hasil pertanian dari Petani ada yang dijemput dan ada juga yang diangkut langsung ke Kantor Dinas Pertanian dan dilakukan pembayaran langsung ke petani ketika barang sudah diterima oleh Petugas” urai Salvius Pasang .

Salvius Pasang menyebut selain stok sayur dalam jumlah besar dari petani, Dinas Pertanian juga menerima aneka sayuran dan buah dalam jumlah kecil yang dikumpulkan dari “Pa’baka” (penjual sayur eceran dalam jumlah kecil yang dimuat menggunakan bakul) yang biasanya berjualan di pasar-pasar.

Berbagai jenis sayuran yang telah dibeli dari petani untuk dijual kembali oleh Dinas Pertanian diantaranya Sawi, Kangkung, Pitsai (sawi putih), tomat, buncis, cabe rawit, katokkon, selada air (gelang), daun bawang, wortel, kubis, pucuk labu siam, sayur mayana, daun kacang, daun pepaya, daun singkong, daun ubi jalar, dll. Sementara untuk buah-buahan antara lain pisang, pepaya, sirsak, jambu biji,dll.

Sayur – mayur ini dibeli dari sentra-sentra pertanian seperti daerah Lapandan dan Tarongko kecamatan Makale, Makale Selatan, Gandangbatu Sillanan, dan Mengkendek dan Kecamatan lain yang juga memiliki hasil Pertanian.

(Sumber : Media Center Satgas Covid-19 Kab. Tana Toraja)

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Data Covid-19 Tana Toraja
POSKO

Jl. Pesanggrahan No. 1, Makale

HP. 0823 4627 0175

Tana Toraja

#IinformMyself