MAKALE-Program Kepolisian RI membentuk Kampung Tangguh melawan Covid-19 yang dikenal dengan nama Kampung Tangguh Nusantara sangat diapresiasi oleh Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae selaku ketua Satgas Covid-19 Tana Toraja.

Apresiasi Bupati Tana Toraja terhadap program Kampung Tangguh Nusantara yang digagas oleh Polri diungkapkan saat memantau persiapan Lembang Kole Barebatu yang keluar sebagai Juara I Kampung Tangguh Nusantara yang akan mewakili Polres Tana Toraja ke tingkat Provinsi, Rabu 17 Juni 2020.

Beliau menyebut Kampung Tangguh Nusantara sangat tepat dalam upaya menciptakan lingkungan kampung yang mampu bertahan dalam situasi Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan.

4 Kampung Tangguh Nusantara yang dibentuk Polres Tana Toraja di Kabupaten Tana Toraja yakni Lembang Kole Barebatu Kecamatan Malimbong Balepe’, Lembang Lea Kecamatan Makale, Lembang Kaduaja Kecamatan Gandangbatu Sillanan dan Lembang Saluallo Kecamatan Sangalla Utara dianggap tidak cukup dan perlu ditambah.

Bupati Tana Toraja Nicodemus Biringkanae bahkan menginginkan seluruh Lembang dan Kelurahan di Kabupaten Tana Toraja dibentuk menjadi Kampung Tangguh Melawan Covid-19.

“Kita ingin seluruh Kampung di Tana Toraja menjadi kampung Tangguh melawan Covid-19 yang tentu dengan Kearifan Lokal Toraja,” ungkap Nicodemus Biringkanae.

Nicodemus Biringkanae menyebut sebagai suatu spirit bersama antara Bupati, Kapolres dan Dandim Tana Toraja dan semua elemen akan menyikapi pembentukan Kampung Tangguh Nusantara hingga ke seluruh Lembang/Kelurahan yang ada di Tana Toraja.

“Soal konsep Kampung Tangguh Nusantara dalam Kearifan Lokal Toraja itu seperti apa, itu yang akan kita buat,” tutup Nicodemus Biringkanae

5 Indikator dasar dari Polri yang jadi penilaian dalam pembentukan Kampung Tangguh Nusantara yakni kedisiplinan warga dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid, memiliki swadaya pengembangan varian komoditi ketahanan pangan, memiliki pelayanan kesehatan yang memadai, tingkat Kamtibmas yang kondusif dan administrasi yang baik (pelayanan terpadu).Sumber : Media Center Satgas Covid-19 Kabupaten Tana Toraja.
(Media Center Satgas Covid-19 Kabupaten Tana Toraja)

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Data Covid-19 Tana Toraja
POSKO

Jl. Pesanggrahan No. 1, Makale

HP. 0823 4627 0175

Tana Toraja

#IinformMyself