MAKALE – Sebagai upaya Penanganan dan Penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Tana Toraja, maka Bandara Pongtiku akan dijadikan sebagai tempat isolasi pasien Covid-19 melalui rapat Forkopimda bersama Kepala Bandara Toraja dan Satgas Covid-19 Tana Toraja di Rumah Jabatan Bupati, Rabu (20/01/2021).

Hal ini dilakukan sebagai antisipasi pasien Covid di Tana Toraja yang semakin meningkat. Berdasarkan Data Sebaran Pemantauan Covid-19 Tana Toraja melalui website www.covid19.tanatorajakab.go.id sampai dengan Kamis, 31 Desember 2020 sebanyak 280 Terkonfirmasi Positif, dengan perincian 93 orang proses isolasi, 183 orang selesai isolasi dan 4 orang meninggal.

Sedangkan Data Sebaran per Rabu, 20 Januari 2021 sebanyak 642 Terkonfirmasi Positif, dengan perincian 328 orang proses isolasi, 301 orang selesai isolasi dan 13 orang meninggal. Peningkatan Data Terkonfirmasi Positif sebanyak 229% dibandingkan data tahun lalu.

“Nanti fasilitas untuk yang menjalani isolasi akan lengkap di Bandara Pongtiku, areanya luas bagus untuk proses pemulihan, bisa untuk olahraga dan berjemur sehingga saya yakin pasien cepat pulih dari Covid-19,” jelas Kapolres Tana Toraja, Sarly Sollu yang ikut hadir dalam rapat Forkopimda.

Kapolres Tana Toraja juga menjamin, pasien yang diisolasi di Bandara Pongtiku tidak akan terkontaminasi dengan warga lainnya karena bandara akan dilengkapi dengan pagar dan akan ada penjagaan ketat yang dikawal oleh pihak kepolisian pada gerbang bandara. Selain mematuhi protokol kesehatan dan anjuran pemerintah, masyarakat diharapkan ikut mendukung langkah yang akan dilakukan oleh pemerintah ini. Rencana penggunaan Bandara Pongtiku ini sudah sesuai dengan Peraturan Protokol Shelter Untuk Karantina dan Isolasi Kolektif di Fasilitas Umum Berbasis Masyarakat di Masa Pandemi COVID-19 mengenai penggunaan fasilitas umum lainnya seperti kantor pemerintah, balai desa dan fasilitas olahraga. (el/dgr)

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

#IinformMyself