Makale-Kabar gembira kembali datang dari RSUD Lakipadada Tana Toraja, Minggu 07 Juni 2020. Dua dari Tiga Pasien yang dinyatakan positif terpapar Covid-19 dan dirawat di ruang isolasi RSUD Lakipadada, hari ini dinyatakan sembuh dari Covid-19.

Dua Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh masing-masing Pasien 04 ( Laki-laki, 59 tahun) alamat Pasar Baru, Tondon Mamullu Kecamatan Makale dan Pasien 06 yang baru saja melahirkan bayi kembar (Perempuan, 33 tahun) dari Kelurahan Rantetayo Kecamatan Rantetayo.

Direktur RSUD Lakipadada dr Syafari Mangopo menjelaskan kedua pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh berdasarkan hasil pemeriksaan Control Swab PCR sebanyak dua kali berturut-turut dan hasilnya Negatif.

Berdasarkan Protokol Covid-19, Pasien dinyatakan sembuh jika dua kali berturut-turut Control Swab PCR dinyatakan negatif. Selanjutnya kedua Pasien yang dinyatakan sembuh tersebut telah dipulangkan pihak RSUD Lakipadada ke rumah masing-masing untuk melakukan karantina mandiri selama 14 hari.

Selain 3 Sampel Control Swab pasien positif, hari ini Minggu 07 Juni 2020, Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja juga menerima 27 hasil pemeriksaan Swab terbaru dari Provinsi dengan rincian 25 sampel Swab orang yang reaktif Rapid test dan 2 sampel Swab OTG (Bayi kembar dari pasien 06). Dari 27 sampel Swab yang diterima ini semuanya dinyatakan negatif covid-19.

Seluruh sampel yang dinyatakan negatif terpapar Covid-19 ini tetap diharapkan untuk melakukan isolasi mandiri dirumah, menjaga imunitas tubuh dengan memperhatikan pola makan sehat dan memperhatikan protokol kesehatan perorangan.

Saat ini, Satgas Covid-19 Tana Toraja masih mencatat satu pasien terkonfirmasi positif yaitu pasien 05 (Perempuan, 52 tahun) alamat Lembang Raru’ Sibunuan Kecamatan Sangalla Selatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tana Toraja Mariana Belo kembali mengingatkan masyarakat agar tidak terlalu dini memberikan stigma negatif kepada masyarakat yang dinyatakan reaktif berdasarkan hasil pemeriksaan rapid test.

Koordinator Media Center Satgas Covid-19 Tana Toraja, Berthy Mangontan menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, saling menguatkan, tidak memberi stigma negatif terhadap orang dengan hasil rapid tes positif maupun konfirmasi positif, tetap menjaga pola hidup sehat dan bersih, rajin cuci tangan, menjaga daya tahan tubuh dan bila harus keluar rumah maka selalu memakai masker serta menjaga jarak minimal 2 meter. Sangat diperlukan ketaatan terhadap himbauan Pemerintah serta tidak mudah percaya pada berita tidak benar (Hoax).

Sumber : Media Center Satgas Covid-19 Kab. Tana Toraja

Categories:

Tags:

No responses yet

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Data Covid-19 Tana Toraja
POSKO

Jl. Pesanggrahan No. 1, Makale

HP. 0823 4627 0175

Tana Toraja

#IinformMyself